413 St. Yusup Tegalbojan: IJ Kasimo “Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Kebenaran”

Sarasehan Advent 1 di lingkungan St Yusup pada hari Kamis tanggal 30 November 2023 bertempat di rumah Yohanes Lilik Mujiono. Umat lingkungan St Yusup sangat antusias mengikuti sarasehan. Umat terbagi dalam 3 kelompok, dari umat yang hadir sebanyak 26 orang. Kali ini sarasehan dipandu oleh Yosep Sulisprihandoko. Lagu Pembuka dari Madah Bakti no 324 “O Tuhan Datanglah” sedangkan lagu penutup berjudul “Indonesia Pusaka”.

Dari hasil sharing dapat disampaikan bahwa hal yang paling menarik dari kisah singkat hidup IJ Kasimo adalah bahwa dia seorang Katolik yang semasa hidupnya berjuang untuk kemajuan bangsa Indonesia. Dia menjadi tokoh nasional yang menjunjung nilai-nilai kebangsaan dan kekatolikan dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air. IJ Kasimo  juga memiliki prinsip untuk selalu menjunjung tinggi nilai- nilai kebenaran dan perdamaian yang hakiki. Di samping itu, dia berani berpihak kepada mereka yang tertindas dan lemah. IJ Kasimo juga adalah pencetus Kasimo Plan yakni usaha untuk mencapai swasembada pangan. Hal yang terakhir yang disharingkan adalah bahwa dia  adalah Pendiri Partai Katolik yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Dia dikenal sebagai sosok yang tegas, berpotensi teguh dan cinta kebenaran

Banyak hal yang sudah dilakukan IJ Kasimo dalam perjuangnnya pada zaman itu. Dia ikut berjuang merebut kemerdekaan Irian Barat dan menyatakan pendiriannya untuk menolak Nasakom. Di samping itu, dia juga berperan aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, memperjuangkan Pancasila sebagai dasar negara saat menjadi anggota dewan.

Tantangan yang dihadapinya pada zaman itu adalah masih banyaknya umat Katolik yang memandang politik itu kotor, licik, penuh persaingan dan hanya sekedar berorientasi untuk memperoleh kekuasaan dan untuk menindas rakyat. Pendeknya umat Katolik kurang peduli pada isu politik.

Nilai-nilai keutamaan hidup yang masih relevan atau pantas diperjuangkan pada zaman kita sekarang demi Indonesia damai adalah, pertama, sikap teladan berpolitik tanpa pamrih serta hidup sederhana. Kedua, cinta kasih yang membela keadilan. Ketiga, berpolitik selalu memakai prinsip yang harus dipegang teguh sehingga berpolitik menjadi kian bermartabat.

Renungan Kitab Suci diambil dari injil Markus 13 :33 -37. Umat diajak untuk bersiap sedia dan berjaga-jaga. Hal ini menuntut kesiapan kita dalam menantikan kedatangan karya keselamatan dari Sang Mesias. Di masa sekarang, kita pun harus berjaga-jaga untuk melakukan sesuatu yang terbaik demi Indonesia damai. Dalam semangat Adven pertama ,hendaknya kita tetap memiliki prinsip untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan perdamaian yang hakiki, khususnya di masa persiapan menghadapi pemilu

yusupriyas

Pengajar Les Bahasa Inggris SD, SMP/SMA, mahasiswa/umum (conversation, TOEFL/IELTS), penulis buku (lebih dari 70 buku pengayakan bahasa Inggris ), profesional editor & translator, Peminat sastra dan fotografi. Bisa dikontak di 08121598358 atau yusup2011@gmail.com.

Learn More →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *