041-St. Bartolomeus Brintikan: Pertemuan APP I “Membangun Pertobatan Sejati”

Pada pertemuan APP I yang diadakan oleh lingkungan St. Bartolomeus Brintikan yang dihadiri 24 umat, dengan tema Membangun Pertobatan Sejati di Masa Prapaskah, umat diajarkan untuk melakukan perubahan dalam diri dan melakukan aksi nyata dengan bergabung dalam gerakan APP. Hal ini dilakukan sebagai wujud nyata dari perubahan yang dilakukan selama masa Prapaskah, di mana umat diajarkan untuk meninggalkan kebiasaan buruk, bermati raga, puasa dan pantang, serta setia dan tekun dalam doa dan pertemuan APP.

Selain itu, umat juga diajarkan untuk berbela rasa dengan sesama, yang mana hal ini sangat penting dalam menciptakan kehidupan yang damai dan peduli pada sesama serta alam ciptaan. Dalam menjalani APP, umat dibagi menjadi tiga kelompok untuk menjawab pertanyaan dan kemudian direnungkan bersama.

Harapannya, melalui APP ini, umat Allah yang disatukan dalam nama Allah Bapa, Putera, dan Roh Kudus, dapat menciptakan kehidupan yang damai dan bersyukur atas segala rahmat yang diberikan. Terlebih lagi, di tahun ARDAS KAS VIII dengan tema Tinggal dalam Allah dan Berbuah, kita diajak untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik dan bermanfaat bagi sesama dan alam ciptaan.

Dalam konteks ini, penting bagi umat untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang diajarkan dalam APP I ke dalam kehidupan sehari-hari. Mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik, bermati raga dan berpuasa sebagai bentuk pengendalian diri, serta berbela rasa dan peduli pada sesama dan alam ciptaan sebagai bentuk aksi nyata dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Dengan begitu, kita dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik dan memenuhi panggilan sebagai umat Allah yang mencintai sesama dan alam ciptaan. Semoga melalui APP I ini, kita dapat menumbuhkan semangat untuk terus melakukan perubahan dan aksi nyata demi menciptakan kehidupan yang lebih baik dan bermanfaat bagi semua makhluk ciptaan-Nya.

Pradita Pitaloka

Learn More →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *